Aksi Nyata Modul 3.3 Pengolahan Program yang Berdampak
pada
Murid
Rolipa
CGP Angkatan 4 Kabupaten Banyuasin
Latar Belakang
Program yang berdampak pada murid adalah program yang meningkatkan keberpihakan pada murid, yang menguatkan apa yang kita miliki, mengajarkan anak atau mendorong kebermaknaan atau komitmen kepada mereka, dan implementasi kepemimpinan murid atau secara kontektual.
Guru tidak hanya berperan dalam pembelajaran, pendidikan dan pengembangan kurikulum tapi sangat penting dalam pembentukan karakter profil pelajar Pancasila.
Dalam pembentukan karakter profil pelajar pancasila maka dilaksanakan projek salah satunya yang bertema bangunlah jiwa raga bertopik cegah perundungan siber. Diangkatnya tema bangunlah jiwa raga dengan topik cegah perundungan siber karena sesuai dengan visi sekolah yaitu Terwujudnya pembelajar sepanjang hayat yang cakap, berkarakter Pancasila dan ramah lingkungan.
Tujuan
Untuk melatih kesehatan fisik dan mental secara berkelanjutan, projek dengan metode pembelajaran yang aktif dan berpusat pada murid ini diharapkan menjadi perangkat yang menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaian permasalahan perundungan dunia maya di sekitar mereka.
PROSES AKSI
Dilakukan mengikuti Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Guru SMA Tema: Bangunlah Jiwa Raganya oleh Ari Dwi Kristiani yang dipublikasi pada 2021.
A. Merancang
Kegiatan Projek
B. Melaksanakan
Kegiatan Projek Sesuai Jadwal yang Dirancang
C. Memantau Keterlaksanaan Projek
A. Merancang Kegiatan Projek
Pertemuan khusus kepala
sekolah dan guru komite pembelajaran PSP membahas 5 hal.
1) Bentuk tim
fasilitasi projek cegah perundungan siber.
2) Bagi siswa
dalam kelompok yang dibina oleh seorang guru.
3) Rancang materi
& kegiatan tiap pertemuan termasuk asesmen yang menyangkut elemen dan
sub-elemen dimensi profil pelajar Pancasila.
4) Bahas materi
projek melalui diskusi Bersama 2 orang fasilitator guru dalam melaksanakan
program “Roots Indonesia” sbg narsum.
Jadwal Kegiatan Projek Pencagahan Perundungan Siber
B. Melaksanakan Kegiatan Projek Sesuai Jadwal yang Dirancang
1. Hasil tes awal
ttg perundungan siber rendah. Kemampuan berbicara rendah.
2. Pertemuan
kepsek & tim fasilitasi projek
membahas progress report projek, solusi perbaiki pengetahuan siswa
tentang perundungan siber dan meningkatkan kemampuan bicara siswa melalui kelas merdeka.
3. Ketiga, dalam
upaya ciptakan kelas merdeka & atasi kurangnya jumlah ruang kelas karena
siswa dibagi dalam kelompok kecil, solusinya adalah siswa dibebaskan memilih
tempat yang nyaman untuk membahas projek. Lokasi belajar indoor bagi
siswa dan guru biasanya adalah ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, gedung
olahraga sedangkan lokasi outdoor yaitu saung, taman dekat kolam ikan
dan area bawah pohon.
4. Merancang Pembuatan Poster
Dalam merancang pembuatan poster siswa diajak
keruang laboratorium komputer dan sebagian menggunakan
HP android.
Disini siswa berlatih kompanye dengan antar kelompok kemudian unjuk kompanye dengan antar kelas.
6. Berlatih debat dan debat antar kelompok kelas
Disini siswa berlatih melakukan debat dengan tema perundungan siber yang dilakukan dengan antar kelompok kemudian unjuk rasanya antar kelas
7. Persiapan Roots Day
Persiapan Roots Day projek tema bangun jiwa raga topik cegah perundungan siber yang dilakukan oleh kelas X di SMA Negeri 3 banyuasin III dimulai dari pemilihan kelompok untuk tampil seperti menari, menyanyi, puisi, berkompanye melalui poster, papantun bersambut dan yel - yel perundungan.
8. Roots Day
Pelaksanaan Roots Day dilakukan pada saat pembagian raport yang akan dihadiri Kepala Sekolah wali siswa, komite Sekolah, yang akan menghadiri dan menyaksikan acara puncak atau istilah Roots Day projek tema cegah perundungan siber unjuk kreasi yang dilakukan pada hari jumat tanggal 24 Juni 2022.
C. Memantau Keterlaksanaan Projek
Instrumen pemantauan terhadap kegiatan projek, pihak sekolah mengundang pengawas bina untuk menyusun instrumen bersama kepala sekolah, koordinator tim fasilitasi projek dan beberapa guru.
Perasaan (feelings) :
Penerapan Kedepan (Future) :
- Melatih Kesehatan fisik dan mental secara berkelanjutan, projek dengan metode pembelajaran yang aktif dan berpusat pada murid untuk menyelesaikan permasalahan perundungan dunia maya di sekitar kita dan murid.
- Membentuk polisi cyber bullying di sekolah
0 komentar:
Posting Komentar